Minggu, 30 Januari 2011

SEDIKIT KIAT UNTUK TEMBUS SNMPTN

SNMPTN 2011? Saya SIAP!


SNMPTN, satu hal yang mungkin sudah tidak asing, keluar-masuk di telinga rekan-rekan SMA se-Indonesia yang sedang mempersiapkan diri untuk melamar ke perguruan tinggi negeri favoritnya. Umm, sekedar mengulang, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional untuk menjaring para siswa SLTA yang memiliki kemampuan dan prestasi akademik yang tinggi untuk melanjutnya pendidikannya di Perguruan Tinggi. Para peserta yang nantinya lolos diharapkan memiliki mutu dan kualitas serta daya saing yang tinggi sebagai modal awal nan penting untuk memasuki dunia perkuliahan.

Nah, upaya untuk menjaring kualitas-kualitas unggul tersebut alhasil membuat bobot dan derajat kesulitan soalpun meningkat tiap tahunnya. Dan agaknya, hal ini juga cenderung membuat rekan-rekan siswa cemas, takut tidak diterima, cemas dengan tes yang akan diberikan, dan sebagainya. Maka pertanyaan-pertanyaan seperti, “bisa engga ya?”, akan sering bermunculan dalam benak rekan-rekan SMA sekalian. Namun tidak perlu khawatir, kecemasan, ,rasa gelisah merupakan reaksi psikologis yg sangat wajar yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai power rekan-rekan sekalian.

Yang terpenting sekarang adalah bagaimana rekan-rekan sekalian menjawab semua pertanyaan atas rasa takut dan kecemasan itu. Sehingga SNMPTN bukanlah hal yg menakutkan, dan kalian SIAP! Untuk menghadapinya,SIAP! meraih kesuksesan serta mimpi kalian!. Berikut adalah beberapa tips jitu serta kiat untuk kalian SIAP! Menghadapi SNMPTN 2011 nanti.


Niatkan dalam hati!


Ucapkanlah dan fokuskan keinginan kalian dalam hati dan pikiran, “aku ingin lolos SNMPTN”,ulangi pernyataan tersebut, semakin sering semakin bagus, karena ini akan memberikan energi dan semangat positif untuk usaha kalian.


Cari tahu materinya, dan kumpulkan!


Sedini mungkin cari tahu materi apa yang akan diujikan dalam SNMPTN, selain bisa kalian dapatkan lewat soal-soal tahun sebelumnya, manfaatkanlah internet untuk mencari tahu siapa tahu ada materi update yang belum pernah diujikan pada soal tahun sebelumnya. Kemudian kumpulkan buku serta referensi untuk menunjang proses belajar, bisa kalian beli ataupun pinjam lewat kakak kelas kalian.


Lihatlah ke belakang!


Soal-soal SNMPTN sebagaian besar mengacu pada soal-soal yang pernah di ujikan pada tahun sebelumnya sebagai bentuk standar awal, sehingga tidak jarang beberapa jenis soal akan banyak bermunculan. Jangan takut untuk membeli buku kumpulan soal-soal SNMPTN/SPM/UMPTN yang dijual secara eceran di toko/pasar,harganya murah dan bentuknya pun beragam.


Manajemen waktu!


Atur waktu kalian sedini mungkin, tambah porsi waktu belajar kalian. Ingat, masa depan ada di tangan kalian sendiri. Lakukanlah berbagai macam perubahan positif dalam diri dan kehidupan kalian. Waktu adalah kesempatan, semakin banyak kalian memanfaatkan waktu, semakin besar kesempatan kalian untuk mencapai tujuan akbar kalian. Kurangi porsi waktu yang kurang menunjang usaha kalian untuk mencapai tujuan kalian.


Latihan, latihan dan latihan!


practice makes perfect”, semakin sering kalian berlatih, insting dan kemampuan analisa kalian akan semakin tajam. Otak yang sering dirangsang/distimulus terbukti secara ilmiah mampu menganalisa dengan ketelitian sempurna terhadap suatu persoalan. Bahkan otak yg sering dilatih mampu memprediksi jenis-jenis soal yang nantinya akan keluar. Latihan juga meningkatkan kepercayaan diri kalian dalam menjawab soal


Berilah Reward!


Berikanlah “hadiah” untuk setiap kemajuan yang telah kalian lakukan, entah karena kalian sudah selesai mempelajari materi A, atau B, atau kalian telah belajar dalam waktu tertentu, berilah diri kalian “hadiah”, semisal nonton TV 15 menit, atau jalan-jalan sebentar sembari menyegarkan kembali pikiran kembali. Setelah itu lanjutkan lagi. Ini akan menjaga otak tetap fit dan sebagai bentuk motivasi diri untuk terus bergerak maju.


Jangan dipaksakan!


Ada saat-saat dimana kita merasa tidak dapat menyerap beberapa isi materi, yang terkadang terasa sangat menyebalkan karena sudah susah payah-payah membaca namun tetap tidak masuk.

Dalam situasi seperti ini, jangan dipaksakan!, karena hanya akan buang-buang waktu karena kita terus berkutat di materi sama dalam waktu lama. Tipsnya adalah keluarlah dari “zona jenuh”, pergi keluar kamar/rumah, hirup udara segar, dengarkan musik atau nonton tv dapat membuat otak yg “mampet” kembali rileks dan bisa menerima informasi seperti sedia kala.


Visualisasikan!


Visualisasikan dan imajinasikan dengan penuh niatan, perasaan dan keyakinan di pikiran kalian, dimana kalian dengan mudahnya menjawab soal-soal yang diberikan, dengan bangganya kalian saat kalian mengetahui bahwa nama kalian ada dalam daftar calon mahasiswa baru di universitas yang kalian idamkan, dan bayangkan dimana kalian sedang mengikuti perkuliahan di universitas tersebut. Kekuatan pikiran dan visualisasi merupakan salah satu rahasia yang tidak banyak diketahui orang. Terapkan dan jadilah pemenang.


Menjaga pikiran positif!


Kita menarik apapun yang kita pikirkan, jika kita memikirkan sukses, maka kita akan menarik kesuksesan, sebaliknya jika kita terlalu focus pada ketakutan dan kecemasan akan kegagalan, maka kegagalanlah yang akan kita tarik. Jadi mulai sekarang, buang jauh-jauh pikiran negatif, karena itu sangat tidak berguna, sadarilah bahwa diri kalian mampu, kalian memiliki potensi yang mengagumkan, dan kalian pantas untuk itu.


Banyak sedekah dan Doa!


Meski terdengar sepele, ini merupakan satu hal yang amat sangat penting. Berdoa membuat kita merasa dilindungi, aman, tenang, merasa memiliki banyak harapan dan keyakinan dalam menghadapi apapun. Sedekah jua tidak kalah penting, karena dengan bersedakah, niscaya apapun yang kita hadapi pasti dilancarkan oleh tuhan, dengan catatan mesti tulus dan ikhlas.


Minta saran dan doa dari

orangtua!


Doa dan cinta orangtua memang tiada duanya. Mintalah saran, dukungan moral dan doa pada orangtua. Dan gunakan mereka sebagai sumber inspirasi dan motivasi serta semangat juang kalian. Niatkan bahwa kalian ingin buat mereka bangga dan bahagia atas keberhasilan kalian.


Ikhlas!


Yang terpenting dalam menjalankan suatu apapun adalah keikhlasan. Keikhlasan berarti keselarasan antara keinginan dan hati serta perasaan anda. Semakin ikhlas akan semakin baik, karena akan menghilangkan tekanan dan bias-bias negatif yang akan mengganggu langkah kalian. Kata-kata ikhlas itu kira-kira seperti ini, “saya ikhlas atas apapun yang saya jalani saat ini, apapun hasilnya nanti saya pasrahkan pada yang kuasa, dan yang menjadi tugas saya saat ini adalah berdoa dan berusaha dengan segala daya upaya saya”.

Segala bentuk tips dan motivasi tidak akan berguna tanpa penerapan dan usaha maksimal dalam diri kalian. Sekarang tergantung dari seberapa besar niat kalian untuk mengubah hidup kalian, menikmati kesuksesan kalian, atau bahkan membahagiakan kedua orangtua kalian. Mari berubah, niatkan dalam hati dan lakukan. Serta katakan SIAP! Untuk SNMPTN yang sedang menanti kalian.

Salam Luar Biasa.

Made Adi Suadnyana, S. Psi, M. Psi.

Singaraja, 23 Januari 2011.


2 komentar:

amalira group mengatakan...

thanks for this motivation,

bli made mengatakan...

You are welcome :)
share ke yang lain yah??